Pricing, atau menentukan harga produk, adalah salah satu tugas manager yang cukup sulit karena ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, mulai dari segi marketing, keuangan, operasional dan lainnya. Maka tidak heran jika anda menemukan banyak pertanyaan, terutama dari bisnis kuliner, mengenai penentuan margin di forum-forum internet seperti Quora dan lainnya. Alih-alih mencari tahu faktor-faktor apa saja yang harus jadi pertimbangan dalam menentukan margin, kebanyakan yang saya temui, mereka hanya mencari tahu persentase margin dari harga yang pada umumnya dilakukan oleh bisnis-bisnis kuliner lainnya. Ini bukanlah cara yang tepat, karena setiap bisnis kuliner memiliki kondisinya masing-masing, sehingga margin yang optimal untuk produknya pun berbeda-beda.
Untuk menentukan margin pada bisnis kuliner, ada banyak sekali yang menjadi pertimbangan. Mulai dari tingkat ketahanan bahan baku makanan dan minuman hingga fluktuasi harga bahan baku tersebut, seperti fluktuasi harga cabe, telur, daging, dan lainnya. Tetapi jika kita lihat dari faktor-faktor yang lebih umum, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan margin pada bisnis kuliner adalah:
Cocokanlah strategi anda dengan apa yang anda punya, baik dari segi uang, aset non uang, relasi, dan juga pengetahuan anda. Jika anda tahu banyak tentang IT, anda tau orang2 jujur yang tinggalnya dekat dengan tempat usaha anda sehingga senang bekerja walaupun gajinya UMR, dan tempat usaha anda cukup luas, anda mungkin lebih baik pilih strategi "margin kecil - penjualan tinggi" karena dengan ilmu IT anda, anda bisa meng otomatisasi banyak pekerjaan dan tempat yg luas bisa menampung banyak pelanggan tanpa biaya tambahan dalam waktu yg dekat.
Be part of the story and follow us on Instagram via @performaconsulting and subscribe to the newsletter for news and updates about our insights
Copyright © Performa Indonesia