Mau Apa Setelah Lulus? Berikut Tips Untuk Para Fresh Graduate!

Tips Untuk Para Fresh Graduate

Halo para fresh graduate,  Anda merasa lega setelah lulus? Boleh dong, apalagi jika Anda mengalami masa kuliah yang tidak mudah, akhirnya Anda lepas dari semua itu dan memiliki gelar sebagai sarjana. Selamat ya! Setelah ini siap-siap menghadapi fase kehidupan yang banyak orang bilang sebagai “real life”. Memangnya seperti apa?

Pasca lulus, apakah sudah banyak orang sekitar Anda yang bertanya “mau ngapain nih?” padahal Anda masih menikmati masa-masa tanpa beban tugas dari kampus. Tenang, kali ini, Performa akan membantu Anda para fresh graduate untuk menentukan langkah selanjutnya. Simak yuk!

  1. Introspeksi diri dan temukan kesukaanmu

Coba Anda mulai introspeksi mengenai kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Anda bisa cari tahu, apa sih yang Anda suka dan kuasai.Bisa jadi itu adalah fotografi, menulis, editing dan lain-lain.

  1. Cari info sebanyak-banyaknya

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda suka, mulailah cari tahu mengenai bidang yang Anda sukai tersebut. Bisa dari YouTube, buku, mengikuti webinar gratis dan lain-lain. Apalagi Anda sebagai fresh graduate, pasti memiliki banyak waktu luang untuk menggeluti hal yang Anda sukai.

  1. Ambil semua kesempatan yang ada

Jika Anda melihat ada lowongan internship, part time atau bahkan volunteer dari bidang yang Anda sukai, jangan ragu buat ikut serta. Anda sebagai fresh graduate pastinya butuh banyak pengalaman di dunia kerja dan ini saatnya!

  1. Jangan malu untuk bertanya

Ingat, pengalaman adalah guru terbaik, jangan ragu untuk bertanya pada senior Anda atau bahkan anggota keluarga Anda yang lebih berpengalaman dalam bidang karier apabila ada hal-hal yang Anda kurang mengerti.

  1. Mengikuti tes bakat

Yang terakhir, untuk memvalidasi bidang apa yang memang Anda sukai dan cocok untuk Anda, tidak ada salahnya untuk mengikuti talent mapping atau tes bakat dari Performa. Kabar baiknya, tes ini sangat cocok untuk para fresh graduate, jadi, silakan klik https://bit.ly/3nIUnGo untuk info lebih lengkap.

Ingin mengetahui bakat Anda dan pilihan karir yang cocok? Klik Disini

Penulis : Rono Jatmiko, Managing Director PT. Performa International Indonesia

Artikel Terkait
Work From Home (Wfh) Dinilai Belum Efektif, Lantas Apa Solusinya?

Situasi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan sebagian perusahaan di seluruh dunia menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Sejatinya Read more

Tips Singkat Menjadi Trainer Yang Baik

Saya senang menghadiri acara seminar dan training sejak 15 tahun yang lalu. Dan 10 tahun Read more

Ternyata, Setiap Orang Bisa Menjadi Pemimpin Lho!

Sudah kita bahas pada tulisan-tulisan yang lalu, bahwa setiap orang unik dengan bakatnya masing-masing. Dan Read more

Setiap Orang Itu Bertalenta, Temukan Bakatmu Sekarang!

Setiap manusia, tanpa terkecuali, sudah dikaruniai bakat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun seringkali bakat Read more

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

© 1993-2022 Performa Indonesia

Log in with your credentials

Forgot your details?