Prospek Bisnis Yang Satu Ini Bisa Menjanjikan Di Indonesia!

prospek bisnis delivery

Apakah anda seorang manager perusahaan logistik? ataukah anda seorang pengusaha yang ingin mengambil franchise jasa pengiriman barang seperti JNE atau TIKI? berikut adalah ulasan saya mengenai prospek dari bisnis pengantaran barang di Indonesia.

Menurut pendapat saya, bisnis jasa pengiriman barang di Indonesia memiliki prospek yang bagus untuk jangka panjang. Berikut adalah alasan-alasan yang menjadi pertimbangan saya:

  1. Dibuatnya Tol Laut dan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia yang Gencar
    Tol laut adalah sistem rute perjalanan kapal laut yang diatur memutari Indonesia dengan menghubungkan pelabuhan-pelabuhan. Hal ini membuat biaya pengiriman antar daerah, terutama antar pulau, bisa menurun cukup tajam. Infrastruktur di daerah-daerah pun terus digencarkan, baik perbaikan jalan maupun membuat jalan tol yang menghubungkan provinsi-provinsi seperti tol lintas Sumatera, trans Papua, dan lainnya. Dampak dari kedua hal tersebut dapat terus menurunkan ongkos kirim dan meningkatkan margin jasa pengiriman anda nantinya.
  2. Dibangunnya Tol Langit
    Tol langit adalah istilah pemerintah dalam menamai proyek jaringan kabel fiber optik yang membentang di Indonesia untuk membuka isolasi daerah-daerah terpencil dari tidak adanya sinyal internet. Proyek ini juga diharapkan dapat menstabilkan kecepatan koneksi internet dari sabang sampai merauke. Tentu ini akan meningkatkan penggunaan apapun yang ada di internet, termasuk media sosial dimana orang berjualan online dan pada akhirnya membutuhkan jasa pengiriman anda.
  3. Volume Transaksi Secara Online yang Terus Meningkat
    Sampai saat tips bisnis ini ditulis (Juli 2020), Ada tiga startup marketplace online yang meraih gelar unicorn di Indonesia, yaitu JD id, Tokopedia, dan Bukalapak. Ini artinya, volume transaksi belanja online di Indonesia dinilai tinggi dan dipandang akan terus meningkat. Jika tidak, tidak mungkin ketiga startup tersebut menyandang gelar “unicorn”. Peningkatan volume transaksi online ini juga akan meningkatkan permintaan terhadap jasa pengiriman barang anda sekarang dan nantinya.
  4. Momen Penggerak Belanja Online Sudah dan Sedang Terjadi
    Selama empat tahun, saya pernah menjalankan bisnis home industry dan menjualnya secara online. Pelanggan saya berasal dari berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua. Walaupun pelanggan saya berasal dari berbagai daerah, namun ada kesamaan kekhawatiran yang membuat mereka enggan belanja online, mulai dari produk yang tidak bisa dicoba langsung sampai takut ditipu. Namun, dengan adanya pandemi korona ini, banyak dari mereka yang mau tidak mau harus belanja online. Momentum inilah yang juga jadi momentum baik bagi jasa pengiriman.Sekalipun pandemi Covid-19 ini usai, pemerintah juga cukup aktif dalam mempromosikan belanja online, salah satunya dengan menetapkan harbolnas (hari belanja online nasional) sehingga diharapkan momen pertumbuhan belanja online bisa terus terjaga.
Artikel Terkait
Work From Home (Wfh) Dinilai Belum Efektif, Lantas Apa Solusinya?

Situasi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan sebagian perusahaan di seluruh dunia menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Sejatinya Read more

Tips Singkat Menjadi Trainer Yang Baik

Saya senang menghadiri acara seminar dan training sejak 15 tahun yang lalu. Dan 10 tahun Read more

Ternyata, Setiap Orang Bisa Menjadi Pemimpin Lho!

Sudah kita bahas pada tulisan-tulisan yang lalu, bahwa setiap orang unik dengan bakatnya masing-masing. Dan Read more

Setiap Orang Itu Bertalenta, Temukan Bakatmu Sekarang!

Setiap manusia, tanpa terkecuali, sudah dikaruniai bakat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun seringkali bakat Read more

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

© 1993-2022 Performa Indonesia

Log in with your credentials

Forgot your details?