Ternyata, Setiap Orang Bisa Menjadi Pemimpin Lho!

Sudah kita bahas pada tulisan-tulisan yang lalu, bahwa setiap orang unik dengan bakatnya masing-masing. Dan akan sangat sulit bagi kita untuk berubah menjadi orang lain. Lebih efektif jika kita dapat mengenali bakat yang kita miliki lalu memaksimalkannya. Tapi bagaimana aplikasinya dalam dunia kepemimpinan? Apakah semua orang bisa jadi pemimpin?

Jawabannya adalah bisa.

Ketika kita ditanya seperti apa sosok pemimpin itu? Kita mungkin akan jawab pemimpin adalah orang yang kharismatik, seperti Bung Karno atau Barack Obama. Pemimpin adalah orang yang tegas seperti Donald Trump mungkin, yang terkenal dengan kalimat “You’re Fired!”. Atau pemimpin mungkin orang yang mengayomi seperti Mahatma Gandhi.

Dari sini sebetulnya bisa kita lihat, bahwa tidak hanya 1 tipe kepemimpinan. Ada pemimpin yang bombastis seperti Richard Branson, tapi jika kita membaca buku Good to Great karya Jim Collins, sebagian besar pemimpin perusahaan sukses adalah orang yang low profile. So, kesimpulannya, setiap orang bisa kok jadi pemimpin. Yang penting kita bisa paham gaya alami kita seperti apa.

Untuk memudahkan, mari kita lihat contoh berikut ini

Apakah menurut Anda orang ini cocok menjadi pemimpin? Ia tidak visioner, tidak bisa membuat strategi, tidak kreatif, kurang berhati-hati, kurang bisa membuat perencanaan, tidak terlalu berjiwa komandan, kurang suka berkompetisi, kurang bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Jika sekilas kita lihat profil ini, mungkin kita akan berpendapat bahwa ia tidak cocok menjadi seorang pemimpin. Namun mari kita lihat perjalanan karir dan prestasi beliau berikut ini.

Pengalaman Kerja:

  • Direktur Pemasaran Telkomsel
  • Dirut IM3
  • Dirut Indosat
  • Dirut XL Axiata

Penghargaan

  • Telecom Asia CEO of The Year, 2011
  • CEO of The Year, Frost & Sullivan Asia Pasific ICT Awards, 2011
  • Top 20 Most Admired CEO, Majalah Warta Ekonomi, 2013
  • Best CEO of The Year, Selular Award, 2011-2012-2013

Siapakah dia? Beliau adalah Bapak Hasnul Suhaimi, salah satu CEO terbaik yang dimiliki oleh tanah air. Kini beliau telah pensiun dan memfokuskan diri sebagai seorang Executive Coach. Secara sekilas, beliau memang bukan typical CEO pada umumnya. Namun prestasinya berbicara lain. Apa rahasianya?

Dapat dilihat, bahwa Pak Hasnul menggunakan kekuatannya dibidang relating dan influencing untuk membangun tim yang solid dan kapabel. Pak Hasnul mengaku tidak visioner, dan tidak terlalu pandai dalam membuat perencanaan. Namun beliau gunakan kemampuan includer, developer dan maximizer untuk memaksimalkan potensi anggota timnya. Merekalah yang akhirnya datang dengan berbagai solusi.

Dalam menyelesaikan masalah, Pak Hasnul menggunakan analytical, Restorative dan Self Assurance, hal ini terbukti ketika beliau dengan spektakuler berhasil menurunkan biaya telepon dari 1000 rupiah per menit menjadi 100 rupiah per menit. Dalam mengeksekusi pekerjaan, Pak Hasnul menggunakan Focus, Responsibility dan Activator untuk memastikan target yang sudah dicanangkan dapat tercapai.

Jadi apa yang bisa kita pelajari dari sini?

Bahwa semua orang bisa jadi pemimpin. Tapi jangan asal lihat gaya kepemimpinan orang lain, belum tentu cocok dengan Anda. Setiap pemimpin bisa sukses dengan keunikannya sendiri. Yang penting Anda tau apa yang menjadi bakat dan kelemahan Anda. Lalu gunakanlah kekuatan Anda untuk mengatasi kelemahan Anda.

Semoga Anda dapat sukses menjadi pemimpin di bidang Anda.

Ingin mengetahui bakat Anda dan pilihan karir yang cocok? Klik Disini

Artikel Terkait
Work From Home (Wfh) Dinilai Belum Efektif, Lantas Apa Solusinya?

Situasi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan sebagian perusahaan di seluruh dunia menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Sejatinya Read more

Tips Singkat Menjadi Trainer Yang Baik

Saya senang menghadiri acara seminar dan training sejak 15 tahun yang lalu. Dan 10 tahun Read more

Setiap Orang Itu Bertalenta, Temukan Bakatmu Sekarang!

Setiap manusia, tanpa terkecuali, sudah dikaruniai bakat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun seringkali bakat Read more

Prospek Bisnis Yang Satu Ini Bisa Menjanjikan Di Indonesia!

Apakah anda seorang manager perusahaan logistik? ataukah anda seorang pengusaha yang ingin mengambil franchise jasa Read more

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

© 1993-2022 Performa Indonesia

Log in with your credentials

Forgot your details?