Pembuatan E-Learning Untuk Perusahaan

Pembuatan E-learning Untuk Perusahaan

Pembuatan e-learning tidak hanya dapat menjadi cara penghematan dibandingkan training tatap muka, tetapi juga banyak manfaat lainnya yang dapat Anda dapatkan dari pembuatan e-learning ini. Dalam artikel ini kami akan sedikit mengupas tentang e-learning sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum menerapkannya.

Apa itu e-learning?

E-learning atau electronic learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan media elektronik sehingga proses belajar lebih praktis dan mudah. E-learning bisa diterapkan pada dalam pendidikan formal maupun nonformal.

Bukan hanya untuk siswa, sistem e-learning juga dapat dijalankan dalam perusahaan. Melalui proses e-learning, para karyawan dapat belajar untuk mengasah kemampuan sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih optimal. Lalu, bagaimana penerapannya dan sejauh apa efektivitas strategi ini bagi kemajuan perusahaan?

 

Penerapan E-learning bagi Karyawan

Karyawan merupakan bagian yang sangat penting dan berpengaruh dalam perkembangan suatu perusahaan. Karyawan yang andal dan berkualitas akan memungkinkan perusahaan berhasil mencapai target dan tujuan yang ditetapkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan andal dimulai dari tahap perekrutan. Namun bukan hanya itu, perusahaan juga dapat memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka.

Pelatihan dapat diberikan kepada karyawan baru agar lebih mumpuni dalam menjalankan tugasnya. Pelatihan juga diperlukan karyawan lama supaya tetap relevan dengan kebutuhan zaman sekarang. Bentuk pelatihan yang memungkinkan adalah melalui sistem e-learning karena dinilai lebih fleksibel.

 

Manfaat E-learning bagi Karyawan

Pengembangan dan pelatihan yang diberikan kepada karyawan secara tidak langsung memiliki dampak positif terhadap kemajuan perusahaan. Praktiknya bukan lagi pembelajaran tatap muka, tetapi secara virtual atau melalui sistem e-learning. Nah, apa saja manfaatnya bagi karyawan?

1. Akses Terbuka untuk Belajar

Karyawan yang baik adalah karyawan yang berusaha terus belajar untuk meningkatkan kapasitasnya. Namun, sering kali keinginan belajar terkendala oleh ketiadaan akses. Dengan e-learning, karyawan dan siapa pun dalam perusahaan, bisa mengikuti pelatihan dengan mudah sesuai waktu yang tersedia.

Karyawan sebagai peserta pelatihan juga dapat mengakses materi yang dipelajarinya sepanjang hari seperti halnya membaca buku. Fleksibilitas ini diperlukan karena karyawan memiliki tanggung jawab utama sebagai pekerja. Melalui e-learning, karyawan bisa menyesuaikan waktu belajar berdasarkan ritme keseharian.

Metode belajar dengan sistem e-learning juga memungkinkan karyawan menyelesaikan pelatihan dengan lebih cepat. Hal ini bergantung pada ketekunan peserta itu sendiri dan kemampuannya dalam memahami materi pelatihan. Semakin cepat materi tersebut dikuasai, peluang produktivitas akan semakin tinggi.

2. Biaya Lebih Hemat

Menjalankan metode e-learning dianggap lebih hemat dibandingkan pembelajaran konvensional di ruang kelas. Ini dimungkinkan karena ada beberapa poin anggaran yang bisa dikurangi, misalnya menyewa ruang kelas, biaya membayar jasa pelatih, dan dana untuk kegiatan operasional lainnya.

Dalam model pembelajaran modern ini, proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Perusahaan tidak perlu menyediakan ruang khusus untuk itu. Selain itu, perusahaan juga dapat menyewa satu pelatih saja untuk menyusun materi pembelajaran bagi seluruh karyawan. Materi yang sama bisa dipakai terus-menerus tanpa biaya tambahan.

3. Lebih Sistematis dan Efisien

Apabila perusahaan memiliki platform e-learning sendiri, materi yang disampaikan akan lebih sistematis. Melalui platform tersebut, karyawan dapat mempelajari berbagai konten yang disediakan oleh perusahaan, mulai dari tutorial dalam melakukan pekerjaan, menyelesaikan tes untuk mengecek pemahaman, hingga evaluasi hasil tes.

Selain itu, proses belajar pun lebih efisien karena bisa dilakukan melalui perangkat komputer dan jaringan internet. Karyawan tidak perlu keluar dari area perusahaan sehingga tidak menghabiskan waktu dan anggaran perjalanan.

4. Sesuai dengan Kebutuhan

Perusahaan dapat menyusun materi e-learning yang sesuai dengan visi dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Materi e-learning juga bisa didasarkan atas kebutuhan karyawan dalam bekerja. Materi tersebut dapat diubah secara fleksibel untuk mencapai sasaran yang ditentukan. Bahkan, untuk keperluan khusus, materi e-learning bisa dipersonalisasi, misalnya membangun sikap proaktif di dunia kerja.

5. Karyawan Mampu Bersaing

Dengan mengikuti e-learning, karyawan bisa memiliki kemampuan untuk bersaing. Karyawan melakukan aktivitas kerja seperti yang diharapkan sehingga dapat diandalkan oleh perusahaan. Selain itu, karyawan juga akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga mendorong produktivitas.

Tahapan Pembuatan E-learning

Dewasa ini tentu saja telah banyak bermunculan platfrom e-learning gratis maupun berbayar yang dapat menjadi pilihan sebagai sarana belajar bagi karyawan perusahaan. Namun tentu saja hal tersebut terdapat kekurangan maupun kelebihannya.

Salah satu alasan bagi perusahaan yang ingin melakukan pembuatan e-learning secara mandiri adalah, mereka membutuhkan materi pembelajaran yang benar-benar relate dengan core bussiness perusahaan atau mempelajari hal yang spesifik yang tidak mungkin didapatkan dalam platform belajar umum.

Disamping itu, dengan membuat e-learning sendiri, maka perusahaan dapat lebih bebas dalam menentukan materi yang tepat, kemudahan dalam mengatur Learning Journey bagi setiap peserta, fungsi kontrol dan evaluasi yang lebih sistematis, maupun adanya umpan balik yang cepat dalam pelaksanaannya.

Untuk membuatnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan.

1. Definisikan Harapan dan Tentukan Tujuan

Pembuatan e-learning tentunya harus didasarkan pada kebutuhan perusahaan. Dengan ragam  stakeholder yang nantinya akan terlibat, hal pertama kali yang harus diperjelas adalah harapan dan tujuan dari pembuatan e-learning itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal mendasar yang dapat menjadi pemantik ide dalam perencanaan pembuatan e-learning : 

  • Kenapa harus menggunakan teknologi digital untuk proses belajar dan mengajar ?
  • Apa yang ingin diraih dari pelaksanaan e-learning?
  • Bagaimana kita tahu bahwa hal tersebut telah tercapai ? dan lainnya..

2. Perencanaan Teknis

Setelah mengetahui harapan dan tujuan, maka selanjutnya masuk dalam diskusi enabler. Bagaimana caranya pembelajaran e-learning akan dilakukan?. Merencanakan dan mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis seperti misalnya pemilihan platform LMS (Learning Management System), tools pembuatan materi yang digunakan, akan masuk kedalam tahapan ini.

Dalam pemilihan platform misalnya. Banyak sekali platform e-lerning yang dapat Anda gunakan seperti : Google Classroom, Moodle, Blackboard Learn, Edmodo, Schoology dan lainnya. Anda dapat memilih sesuai preferensi, kebutuhan dan sumber daya yang tersedia dalam menjalankannya.

3. Pembuatan Konten

Konten belajar tentunya terkait dengan materi pembelajaran. Dalam membuat materi, perusahaan dapat memanfaatkan sumber internal atau sumber lain yang dianggap relevan. Perusahaan juga dapat membuat kelas-kelas ataupun modul terpisah agar tujuan yang diperoleh lebih spesifik, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan learning journey karyawan.  

Dalam tahapan ini, perusahaan juga sebaiknya tidak hanya  berfikir apa yang akan disampaikan, tetapi juga bagaimana materi tersebut disampaikan. Misal, dengan mayoritas karyawan yang berusia muda, bagaimana agar materi konten tersebut menarik bagi mereka?. Bagaimana agar mereka bisa lebih "berinteraksi" dan merasa engage dengan materi yang diberikan?.  

Dalam pengalaman kami, materi yang lebih interaktif dapat meningkatkan rasio keberhasilan belajar peserta dibandingkan konten materi yang monoton dan pasif.

------------------

Untuk membantu perusahaan dalam membangun sistem e-learning yang efektif, Anda dapat memanfaatkan layanan dari Performa. Perusahaan konsultan manajemen yang telah berdiri sejak 1993 dalam menyediakan jasa konsultansi untuk perencanaan maupun pengembangan bisnis.

Nah, apakah perusahaan Anda berencana untuk membuat elearning untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi karyawan? Jangan ragu untuk menghubungi Performa sekarang juga.

Subscribe And Follow Us

Be part of the story and follow us on Instagram via @performaconsulting and subscribe to the newsletter for news and updates about our insights